Ragnarok Tactics

Apa itu Ragnarok Tactics?

Hasil gambar untuk ragnarok tactics

Sebagai salah satu franchise game tertua, Ragnarok terus berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman. Sukses dengan beberapa judul Ragnarok Mobile, kini Gravity datang bersama Ragnarok Tactics. Game dengan genre strategy ini memanfaatkan karakter monster Ragnarok. Sehingga banyak karakter yang bisa Kotakers mainkan. Mekanisme yang cukup unik juga digunakan oleh Ragnarok Tactics. Dimana para pemain harus mengatur rute bidaknya sendiri.

Segi Grafis


Dari segi tampilan yang digunakan, Ragnarok Tactics memiliki grafik yang cukup bagus. Meskipun menggunakan karakter monster dalam Franchise Ragnarok, nuansa 3D dari Ragnarok Tactics cukup memanjakan para pemainnya. Ketika para monster melepaskan skillnya, animasi dari game satu ini juga cukup menarik. Para monster yang biasa kita lawan di Ragnarok, akan menjadi teman kita berpetualang di Ragnarok Tactics.

Loading Screen yang cukup colorfull dengan wajah Poring sang monster ikonis dari Ragnarok juga akan menemani Kotakers sembari menunggu permainan ini siap dimainkan. Suasana lobby dari game ini juga cukup menarik. Kalian akan disuguhkan dengan wajah Moonlight, NPC Kafra, dan lain-lain.

Mekanisme Permainan


Mungkin Kalian akan beranggapan game ini seperti game taktik lainnya. Namun ternyata tidak seperti itu. Ragnarok Tactics memiliki mekanisme elemen gunting, kertas, dan batu. Tak hanya elemen tersebut, ada dua null element tambahan yang hanya bisa diimbangi oleh null elemen alias elemen netral lainnya. Maka dari itu kalian harus mengumpulkan semua elemen tersebut. Karena, hampir semua musuh di setiap field memiliki elemen yang berbeda.

Level dari para karakter juga harus di perhitungkan. Jika level karakter Kalian terlalu kecil, maka kalian tidak akan cukup kuat untuk melawan para musuh di map yang akan terus berkembang. Mekanisme lain yang cukup seru adalah, kalian bisa mengecoh musuh dengan memberikan rute khusus untuk karakter kalian. Jika musuh tidak memiliki skill rush, karakter kalian akan aman dan akan lebih mudah untuk melawan karakter lainnya sesuai dengan kelemahan elemen masing-masing.

Proses Leveling Karakter


Saya mencoba melakukan grinding selama beberapa hari. Hasilnya, Zeny yang dikumpulkan dari hunt sekaligus terakumulasi ketika saya tidak membuka Ragnarok Tactics cukup untuk melakukan level-up secara manual. Namun, Saya kesulitan untuk melakukan evolusi menggunakan Yggdrasil. Karena untuk mendapatkan Yggdrasil, para pemain harus melakukan setidaknya grinding secara maksimal atau mengisi sejumlah Golden Poring Coin. Untungnya Essence untuk memperkuat karakter tersedia setidaknya satu bahan di setiap stage.

Fitur Menarik Ragnarok Tactics


Ragnarok Tactics memiliki beberapa fitur unik yang baru terbuka di level tertentu. Mulai dari Challenge hingga Arena untuk menantang pemain lain. Di Mode Challenge, kalian harus melawan beberapa monster hingga tingkat kesulitan tertentu. Sama seperti Endless Tower di Ragnarok pada umumnya. Sedangkan di Arena, kalian harus melawan pemain lainnya yang memiliki level setara atau sama dengan kalian.

Selain itu ada bantuan Faction Boost. Dimana jika kalian masih awam dengan hubungan antara elemen satu dengan lainnya, kalian bisa melihat di bagian Faction Boost. Di sini para newbie akan diajarkan mengenai sinergi antara elemen yang bisa memberikan status tambahan. Tak lupa ke depannya, Ragnarok Tactics akan punya segudang fitur tambahan serta event lainnya.

Kesimpulan


Ragnarok Tactics memberikan sensasi permainan stragegi yang berbeda. Dimana ada mekanisme elemen dan jalur yang harus Kotakers pilih sebelum melawan musuh. Tak hanya itu, sinergi yang beragam juga memperkaya permainan ini. Namun sayangnya, game ini tetap memanfaatkan rasa nostalgia para pemain Ragnarok dahulu. Game yang sudah ada sejak dekade 2000-an awal ini memang memiliki penggemar yang cukup banyak di Indonesia maupun di Regional Asia Tenggara.

Jika kalian ingin mencoba game strategi dengan nuansa Rangarok yang kental dan membuat sang pemain tidak perlu belajar banyak tentang skill dari setiap monster, Kotakers bisa mencoba game Ragnarok Tactics ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ghost Recon: Breakpoint

Shadow of The Colossus