Gears 5

Gambar terkait


Apa itu Gears 5?

Mendengar nama Gears of War, sebagian gamer langsung teringat dengan game buatan Microsoft yang dahulu tersedia eksklusif untuk konsol Xbox.
 
Pemikiran tersebut memang benar, sampai akhirnya pihak penerbit memperluas pasarnya dengan merangkul gamer PC, lewat Microsoft Store. Itupun tidak semua seri meluncur, sehingga antusiasme gamer tidak sebesar saat mereka memainkan game sejenis dari pihak kompetitor.
 
Gears 5 menjadi titik Microsoft dengan banyak perubahan, baik dari gameplay sampai pemasarannya. Saya sendiri merupakan penggemar franchise tersebut, dengan bermain dari seri pertama yang perlu menunggu tiga tahun sampai akhirnya tersedia untuk PC. Optimisme saya terhadap seri Gears of War juga semakin tinggi setelah memainkan Gears 5.

Gears 5 menjadi seri terbaru yang tidak bersifat eksklusif di konsol Xbox One. Setidaknya, kini gamer juga bisa memainkannya di PC lewat Steam. Bisa dibilang ini gerakan baru Microsoft untuk langsung menjamah layanan jual di luar ekosistem mereka begitu game siap rilis. Namun, Microsoft tidak begitu saja ‘melepas’ gamer ke Steam. Mereka masih meminta pemain masuk ke akun Xbox Live, sebelum bisa memainkannya.
 
Jangan khawatir, sinkronisasi otomatis berjalan ketika Anda mulai bermain Gears 5 via Steam. Untuk pengguna yang belum punya akun Xbox Live, cukup mendaftarkan akun Microsoft atau membuat email Outlook.
 
Salah satu keuntungan membuat akun Xbox Live adalah dukungan cross-save yang mendukung lebih dari satu platform. Secara teori, Anda bisa bermain melanjutkan progres permainan dari PC ke laptop, sampai ke konsol Xbox One. Perlu diingat bahwa Anda mustahil bisa memainkannya di konsol PS4.
 
Sebagai game berseri, Gears 5 melanjutkan kisah dari Gears of War 4. Anda pasti menyadari perbedaan nama dari seri sebelumnya.
 
Salah satu tujuan Coalition sebagai pengembang adalah penyederhanaan, dan bisa jadi membuat orang penasaran untuk melihat seri sebelumnya. Jika Anda baru pertama kali memainkan franchise Gears of War, pada bagian pengaturan Gears 5 tersedia video singkat mengenai ringkasan cerita dari seri pertama.
 
Pada seri ini, Kait, teman seperjuangan Del Walker dan JD Fenix mencari asal usul keluarga, terutama dari pihak ibunya. Ia sendiri menemukan satu fakta bahwa jiwanya punya hubungan langsung dengan Swarm, musuh utama yang selama ini ingin memusnahkan manusia.
 
Dengan menjelajah berbagai tempat baru, Kait dan temannya, termasuk robot pendukung cerdas Jack akan menemukan kenyataan yang bisa jadi membuat pemain tidak sabar untuk menggapai akhir cerita.
 
Gears 5 mencoba mengajak Anda menyesuaikan gaya permainan secara cepat via tutorial yang cukup mudah. Sebagai pemain lama, saya tidak melihat perubahan sistem kontrol yang bisa membuat pemain bingung.
 
Beberapa elemen permainan baru akan memberikan pengalaman yang lebih seru, sehingga saya sangat menyarankan untuk mengikuti tutorial ini secara cermat.
 
Apa yang menarik adalah prolog yang tidak terlalu membuang waktu dan memberikan Anda semangat untuk memulai permainan. Dengan dunia baru dan tampilan grafis yang lebih baik, Anda langsung melihat lingkungan permainan yang memberikan kesan Bumi sudah menjadi tempat tinggal yang tidak menyenangkan.
 
Salah satu fitur baru pada Gears 5 adalah mode open-world. Ini berarti Anda tidak lagi melulu berjalan pada satu jalur yang telah ditetapkan, meskipun Anda tetap melakukannya dalam sebagian besar permainan. Mode ini memberikan pemain fleksibilitas lebih tinggi, mencari informasi tambahan yang bisa meningkatkan kemampuan Jack, atau kisah singkat terkait satu tempat.
 
Kendaraan Anda kali ini adalah Skiff, semacam selancar yang dilengkapi layar untuk menjelajah daratan penuh salju atau pasir. Setelah beberapa jam bermain, saya harus mengakui bahwa mode ini memang tidak terlalu memberikan kesan baru yang baik.
 
Ini karena pemain mengunjungi beberapa tempat, dan beberapa merupakan bagian dari misi utama. Seringkali lingkungan permainan terasa monoton, bahkan tidak sebaik saat mengikuti cerita utama. Di sisi lain, waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan misi sampingan ini rata-rata tidak sampai 15 menit.
 
Gaya bermain Gears 5 masih sama. Elemen Action-Adventure yang mengutamakan “merunduk dan tembak”, mengharuskan pemain bertempur dengan strategi yang cukup matang. Anda tidak bisa langsung menghampiri lawan karena mereka punya daya rusak yang cukup besar. Pemain juga bisa memberikan damage yang lebih tinggi dengan senjata tertentu, tetapi mengisi ulang secara cepat sudah pasti meningkatkan daya serang dua kali lipat.
 
Teknik ini bernama Active Reload, dan sudah jadi ciri khas Gears of War. Beberapa level akan menyediakan boss yang cukup sulit dikalahkan. Meskipun Anda sedang menggunakan senjata berat, boss seringkali tidak bisa diserang begitu saja.
 
Ini membuat permainan lebih menantang, dan menuntut Anda mencari jalan lain. Flanking atau menyerang dadri samping selalu menjadi cara paling efektif. Namun, musuh Anda juga bisa berpikiran yang sama.
 
Jack adalah teman baru Anda dalam Gears 5. Robot tempur yang pintar ini lebih berperan sebagai support. Ia punya beberapa macam kemampuan yang bisa Anda buka dengan menemukan komponen di berbagai tempat.
 
Perannya cukup vital, seperti mengambil senjata dari jarak jauh, memberikan perisai energi, sampai menghidupkan kembali rekan. Ia juga punya kemampuan menyerang, tetapi lebih fokus melumpuhkan musuh sementara ketimbang mengalahkannya. Ada baiknya sering memberikan perintah langsung ketimbang menunggu Jack mengambil inisiatif, karena dalam keadaan darurat, ia tidak terlalu pintar.
 
Dari aspek permainan, Gears 5 menyediakan tingkat kesulitan meenantang dan gaya tempur yang sangat seru. Ini karena Anda tidak bisa menyerang ala Rambo. Meskipun hanya AI, musuh juga punya strategi yang cukup berbahaya, ditambah dengan beberapa macam lawan yang punya kemampuan menyusahkan.

Harus diakui, jam bermain untuk mode campaign tetap singkat seperti Gears of War 4, dan ternyata akhir cerita Gears 5 masih menyisakan banyak pertanyaan. Jangan lupa, mode campaign bisa dimainkan bersama teman.
 
Mode Horde merupakan salah satu favorit saya saat bermain multiplayer. Horde menggandeng empat pemain menghadang musuh sebanyak mungkin yang datang secara bergelombang. Agar lebih variatif, Horde menyediakan berbagai kelas karakter yang punya kemampuan unik.
 
Anda juga bisa meningkatkan kemampuan dengan menggunakan poin atau kartu yang memberikan efek pasif. Ini memungkinkan pemain memiliki setiap peran yang bisa mengalahkan Swarm dengan strategi yang sistematis. Sangat menantang, Horde dirancang sebagai mode permainan yang membuat Anda kesal saat tidak bisa bertahan lama.
 
Selain Horde, Gears 5 juga menyediakan banyak sekali mode permainan bersama teman. salah satu yang baru adalah Escape. Sama sulitnya dengan Horde, mode ini lebih mengutamakan tiga pemain bertempur dalam sarang Swarm, di bawah bom waktu. Ada juga mode versus yang akan menguji kemampuan Anda menghadapi pemain lain.
 
Grafis Gears 5 terbilang matang. Memanfaatkan Unreal Engine memang menjadi strategi terbaik. Ini terlihat dari detail lingkungan yang proporsional, walaupun secara umum pnggambaran dunia permainan tidak begitu banyak.
 
Aspek yang paling terlihat adalah ketika badai, yang menyebabkan debu dan petir berhamburan. Pengaturan grafis cukup lengkap, sehingga bisa dimainkan pada brbagai spesifikasi PC. Gears 5 cukup ramah dari segi visual, tetapi Anda minimal harus menyiapkan ruang 52GB untuk mengunduhnya.
 
Kesimpulan
Gears 5 adalah seri terbaru yang layak untuk dimainkan, baik itu untuk pemula atau penggemar Gears of Wars. Gameplay yang seru merupakan alasan utamanya, ditambah dengan mode permainan dan tampilan grafis yang mumpuni.
 
Di sisi lain, jalan cerita yang dirancang lebih singkat membuat saya berhenti memainkannya lebih cepat. Padahal, saya sudah dibuat penasaran olehnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ghost Recon: Breakpoint

Shadow of The Colossus