Review Perusahaan






Halo~ di postingan kali ini saya ingin membahas tentang persuhaan jual beli berbasis digital terbesar di Indonesia yaitu Tokopedia, siapa nih yang suka belanja disini? hayo pasti udah ga asing lagi dong sama E-Commerce satu ini dong! Okay jadi Tokopedia adalah salah satu perusahaan jual beli berbasis digital terbesar di Indonesia. Sejak resmi diluncurkan, PT. Tokopedia Brasilia menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang pesat. Dengan mengusung model bisnis marketplace dan mall online, Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil dan brand untuk membuka dan mengelola toko online. Sejak diluncurkan sampai hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia yang bisa digunakan oleh semua orang secara gratis.

Tokopedia memiliki visi untuk “Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet”Tokopedia mempunyai program untuk mendukun para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online. Sejarah berdirinya Tokopedia.com secara resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT. Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. PT. Tokopedia mendapatkan seed funding (pendanaan awal) dari PT. Indonusa Dwitama pada tahun 2009. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya, Tokopedia kembali mendapatkan suntikan dana dari pemodal ventura global seperti East Ventures (2010), CyberAgent Ventures (2011), Netprice (2012), dan SoftBank Ventures Korea (2013). Lalu pada Oktober 2014, Tokopedia berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara, yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp. 1,2 Triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI). 

Pada April 2016, Tokopedia kembali dikabarkan mendapatkan investasi sebesar USD 147 juta atau sekitar Rp. 1,9 Triliun. Tokopedia adalah perusahaan internet yang memungkinkan setiap individu dan pemilik bisnis di Indonesia untuk mengembangkan dan mengelola bisnis online mereka secara mudah dan gratis, sekaligus memungkinkan pengalaman berbelanja online yang lebih aman dan nyaman. Tokopedia percaya bahwa marketplace adalah bisnis model paling indah di dunia, karena kesuksesan sebuah marketplace hanya dapat diraih dengan membuat orang lain menjadi lebih sukses.

Visi, Misi dan Nilai PT. Tokopedia

Visi

Tokopedia memiliki visi untuk “Membangun Indonesia yang lebih baik lewat internet”,, Tokopedia mempunyai program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online. (wawancara dengan Ermaya selaku perencana media offline tanggal 8 Mei 2017)

Misi

Tokopedia memiliki misi untuk terus berusaha memberikan kesempatan kepada setiap individu di Indonesia untuk memulai bisnis dengan mudah dan gratis di Tokopedia.

- Selalu positif 

Keep positive attitude (selalu membangun dan memelihari sikap positif dan menjauhkan sikap negatif).
Build Positive Teamwork (belajar danbertumbuh bersama dan memperlakukan rekan kerja seperti keluarga).

- Memecahkan masalah 

Solution Oriented (menganalisa inti permasalahan dan kemudian mencari solusi terbaik untuknya). Think BIG (berpikir jauh ke depan untuk setiap langkah yang diambil).
Set Your Standards Very Very High (jangan mudah puas dan selalu temukan target dan tantangan baru).
Accepting Challenges, Embracing Mistakes (menerma tantangan dan belajar dari kesalahan).

- Menjadi yang terbaik

- Generasi Indonesia yang Lebih Baik

Integrity (memelihara sikap jujur dan menjaga integritas yang baik).
Character (membangun dan menjaga nilai-nilai karakter diri yang positif)

- Fokus pada pelanggan 

Build Awesome Product (membangun produk yang bermanfaat).
Give Best Service (selalu memberikan pelayanan yang terbaik).

Nilai

Selalu berpijak di tanah (humble) seperti pohon;
Pantang menyerah (determination) seperti aliran air;
Semangat (passion) yang membara seperti api;
Kecepatan (speed) seperti angin; dan
Keberanian (courage) untuk bermimpi menggapai langit


Tingkatan Level Management PT. Tokopedia

Top Level Management :

William Tanuwijaya - Direktur Utama
  1. Menentukan Tujuan Perusahaan – Manajemen tingkat atas ini merumuskan tujuan utama organisasinya, dapat berupa tujuan jangka panjang maupun tujuan jangka pendeknya.
  2. Membuat kerangka Rencana dan Kebijakan – Manajemen tingkat atas membuat kerangka rencana dan kebijakan untuk mencapai tujuan utama yang telah ditetapkan.
  3. Mengorganisir kegiatan dan pekerjaan yang akan dilakukan oleh manajer-manajer di tingkat menengah.
  4. Mengumpulkan dan mengatur sumber daya organisasi atau perusahaan seperti sumber daya keuangan, aset tetap, tenaga kerja dan lain sebagainya untuk melakukan kegiatan sehari-hari dalam organisasi.
  5. Bertanggung jawab atas kelangsungan dan pertumbuhan hidup organisasi/perusahaan.
  6. Sebagai penghubung dengan dunia luar seperti bertemu dengan pejabat pemerintah, pemasok, pesaing, pelanggan, media dan lain-lainnya.
Middle Level Management : 

Leontinus Alpha Edison - Direktur

Melissa Siska Juminto - Chieff of Staff
Patrick Cao - Chief Finance Officer
Pramesty Tyas - Chief of HR


  1. Meng-interpresi-kan kebijakan yang disusun oleh Manajemen Puncak (manajemen tingkat atas) dan menjelaskannya ke tingkat manajemen yang lebih rendah. Manajemen tingkat menengah ini berfungsi sebagai penghubung antara manajemen tingkat atas dengan manajemen tingkat bawah.
  2. Mengorganisir kegiatan departemennya untuk melaksanakan rencana dan kebijakan yang telah ditetapkan.
  3. Mengrekrut dan menyeleksi serta menempatkan karyawan yang dibutuhkan oleh department atau unit kerjanya.
  4. Memotivasi karyawannya untuk melakukan yang terbaik untuk departemennya. Misalnya menawarkan berbagai insentif dan tunjangan kepada karyawannya sehingga termotivasi dan melakukan yang terbaik agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
  5. Mengawasi dan mengarahkan karyawan-karyawan di departemennya. Contohnya seperti menyiapkan laporan penilaian kinerja karyawannya.
  6. Bekerjasama dengan departemen lain untuk kelancaran dalam menjalankan fungsinya.
  7. Melaksanakan rencana yang disusun oleh Manajemen tingkat atas.
Low Level Management :

IT

Quality Control
Design
Finance
Customer Service
Legal
HRD
Content
Marketing/Internet Marketing


  1. Memahami dan mempelajari masalah dan keluhan-keluhan para pekerja operasional sebelum melaporkannya ke manajemen tingkat menengah.
  2. Menjaga kondisi kerja yang baik dan menjaga hubungan yang sehat antara atasan dan bawahan.
  3. Menyediakan lingkungan kerja yang sehat and aman untuk para karyawan operasional.
  4. Membantu manajemen tingkat menengah untuk merekrut dan menyeleksi pekerja yang sesuai untuk jabatan yang dibutuhkan.
  5. Berkomunikasi dengan karyawan dan mendengarkan saran-saran karyawan serta mendorong para pekerja untuk mengambil inisiatif.
  6. Menjaga dan mempertahankan standar kualitas dan memastikan jumlah output produk/layanan sesuai dengan perencanaan.
  7. Bertanggung jawab untuk meningkatkan moral karyawan dan membangkitkan semangat kerja dalam tim.
  8. Meminimalkan pemborosan sumber daya organisasi/perusahaan.
Internal Eksternal Lingkungan

  Hampir semua kebutuhan yang dibuthkan masyarakat tersedia di Tokopedia. Ermaya selaku perencanaan media offline memaparkan bahwa Tokopedia.com merupakan sebuah toko online yang dimiliki oleh Indonesia. Website ini menjual berbagai macam barang elektronik, peralatan kantor dan peralatan rumah tangga, peralatan olahraga, kosmetik, perlengkapan bayi dll. Tokopedia juga menyediakan produk digitalnya seperti TokoCash, Tiket Kereta Api, Air PDAM, Angsuran Kredit, Pascabayar, Gas PGN, Mitra Toppers, Pulsa, BPJS, Telkom, Donasi, Saldo Tokopedia, Kartu Kredit, Paket Digital, Listrik PLN, TV Kabel, Voucher Game, Streaming sampai dengan pinjaman online. Hampir semua yang dijual di jual toko offline dapat dengan mudah dijual di situs Tokopedia. Hal ini sangat memudahkan para pembeli yang tidak mempunyai waktu untuk berbelnja di toko fisik karena jam kerja yang cukup menyita waktu. 

  Tokopedia dilengkapi dengan mesin pencari (search engine) yang akan memudahkan pencarian barang yang diinginkan dan terdapat juga fitur-fitur direktori yang dapat dimanfaatkan sebagai catalog belanja. Tokopedia bekerjasama dengan agen pengiriman besar di Indonesia yang mempermudah untuk memeriksa status pengiriman barang. Tokopedia sendiri menjelaskan disitus mereka bahwa keuntungan bagi pembeli dengan pembayaran yang unik adalah proses verifikasi pembayaran yang instan, yang memungkinkan penjual lebih cepat menerima order dan barang cepat sampai ke pembeli. Sedangkan untuk penjual, keuntungan yang ditawarkan adalah perluasan pasar pada para pengguna unik ini yang ingin membeli diberbagai merchat Tokopedia. Adapun fitur-fitur tambahan di Tokopedia yakni : 
1. JNE Online Booking 
Pengiriman JNE ini semakin memudahkan proses pengiriman, Tokopedia mendukung sistem resi otomatis untuk pengiriman paket menggunakan JNE. Dengan fitur ini, penjual tidak perlu repot untuk memasukkan nomor resi secara manuall. Saat mengirimkan pesanan, penjual hanya perlu membawa kode booking yang diterima saat pesanan masuk dan nomor resi akan secara otomatis akan masuk ke akun penjual maupun pembeli. 
2. User Management/Pengaturan Admin 
Pengaturan admin merupakan fitur berbayar yang disediakana oleh Tokopedia bagi mereka yang memiliki toko dengan penjualan yang tinggi dan sering kewalahan dalam mengelola toko sendiri. Dengan menggunakan fitur ini, penjual bisa menambahkan 10 orang sebagai admin toko penjual. 
3. Tokopedia TopAds 
Top Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh tokopedia untuk mempromosikan toko ataupun produk dari toko, serta memungkinkan toko dan produk yang dijual dapat dilihat dan dibeli oleh lebih banyak pembeli di Tokopedia. 

https://studentsite.gunadarma.ac.id/
https://v-class.gunadarma.ac.id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ghost Recon: Breakpoint

Shadow of The Colossus