Review Perusahaan
Halo~ di postingan kali ini saya ingin membahas tentang persuhaan jual beli berbasis digital terbesar di Indonesia yaitu Tokopedia, siapa nih yang suka belanja disini? hayo pasti udah ga asing lagi dong sama E-Commerce satu ini dong! Okay jadi Tokopedia adalah salah satu perusahaan jual beli berbasis digital terbesar di Indonesia. Sejak resmi diluncurkan, PT. Tokopedia Brasilia menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang pesat. Dengan mengusung model bisnis marketplace dan mall online, Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil dan brand untuk membuka dan mengelola toko online. Sejak diluncurkan sampai hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia yang bisa digunakan oleh semua orang secara gratis.
Tokopedia memiliki visi untuk “Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet”, Tokopedia mempunyai program untuk mendukun para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online. Sejarah berdirinya Tokopedia.com secara resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT. Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. PT. Tokopedia mendapatkan seed funding (pendanaan awal) dari PT. Indonusa Dwitama pada tahun 2009. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya, Tokopedia kembali mendapatkan suntikan dana dari pemodal ventura global seperti East Ventures (2010), CyberAgent Ventures (2011), Netprice (2012), dan SoftBank Ventures Korea (2013). Lalu pada Oktober 2014, Tokopedia berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara, yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp. 1,2 Triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI).
Pada April 2016, Tokopedia kembali dikabarkan mendapatkan investasi sebesar USD 147 juta atau sekitar Rp. 1,9 Triliun. Tokopedia adalah perusahaan internet yang memungkinkan setiap individu dan pemilik bisnis di Indonesia untuk mengembangkan dan mengelola bisnis online mereka secara mudah dan gratis, sekaligus memungkinkan pengalaman berbelanja online yang lebih aman dan nyaman. Tokopedia percaya bahwa marketplace adalah bisnis model paling indah di dunia, karena kesuksesan sebuah marketplace hanya dapat diraih dengan membuat orang lain menjadi lebih sukses.
Visi, Misi dan Nilai PT. Tokopedia
Visi
Misi
Tokopedia memiliki misi untuk terus berusaha memberikan kesempatan kepada setiap individu di Indonesia untuk memulai bisnis dengan mudah dan gratis di Tokopedia.
- Selalu positif
Keep positive attitude (selalu membangun dan memelihari sikap positif dan menjauhkan sikap negatif).Build Positive Teamwork (belajar danbertumbuh bersama dan memperlakukan rekan kerja seperti keluarga).
- Memecahkan masalah
Solution Oriented (menganalisa inti permasalahan dan kemudian mencari solusi terbaik untuknya). Think BIG (berpikir jauh ke depan untuk setiap langkah yang diambil).Set Your Standards Very Very High (jangan mudah puas dan selalu temukan target dan tantangan baru).
Accepting Challenges, Embracing Mistakes (menerma tantangan dan belajar dari kesalahan).
- Menjadi yang terbaik
- Generasi Indonesia yang Lebih Baik
Integrity (memelihara sikap jujur dan menjaga integritas yang baik).Character (membangun dan menjaga nilai-nilai karakter diri yang positif)
- Fokus pada pelanggan
Build Awesome Product (membangun produk yang bermanfaat).Give Best Service (selalu memberikan pelayanan yang terbaik).
Nilai
Selalu berpijak di tanah (humble) seperti pohon;
Pantang menyerah (determination) seperti aliran air;
Semangat (passion) yang membara seperti api;
Kecepatan (speed) seperti angin; dan
Keberanian (courage) untuk bermimpi menggapai langit
Tingkatan Level Management PT. Tokopedia
Top Level Management :
William Tanuwijaya - Direktur Utama
- Menentukan Tujuan Perusahaan – Manajemen tingkat atas ini merumuskan tujuan utama organisasinya, dapat berupa tujuan jangka panjang maupun tujuan jangka pendeknya.
- Membuat kerangka Rencana dan Kebijakan – Manajemen tingkat atas membuat kerangka rencana dan kebijakan untuk mencapai tujuan utama yang telah ditetapkan.
- Mengorganisir kegiatan dan pekerjaan yang akan dilakukan oleh manajer-manajer di tingkat menengah.
- Mengumpulkan dan mengatur sumber daya organisasi atau perusahaan seperti sumber daya keuangan, aset tetap, tenaga kerja dan lain sebagainya untuk melakukan kegiatan sehari-hari dalam organisasi.
- Bertanggung jawab atas kelangsungan dan pertumbuhan hidup organisasi/perusahaan.
- Sebagai penghubung dengan dunia luar seperti bertemu dengan pejabat pemerintah, pemasok, pesaing, pelanggan, media dan lain-lainnya.
Leontinus Alpha Edison - Direktur
Melissa Siska Juminto - Chieff of Staff
Patrick Cao - Chief Finance Officer
Pramesty Tyas - Chief of HR
- Meng-interpresi-kan kebijakan yang disusun oleh Manajemen Puncak (manajemen tingkat atas) dan menjelaskannya ke tingkat manajemen yang lebih rendah. Manajemen tingkat menengah ini berfungsi sebagai penghubung antara manajemen tingkat atas dengan manajemen tingkat bawah.
- Mengorganisir kegiatan departemennya untuk melaksanakan rencana dan kebijakan yang telah ditetapkan.
- Mengrekrut dan menyeleksi serta menempatkan karyawan yang dibutuhkan oleh department atau unit kerjanya.
- Memotivasi karyawannya untuk melakukan yang terbaik untuk departemennya. Misalnya menawarkan berbagai insentif dan tunjangan kepada karyawannya sehingga termotivasi dan melakukan yang terbaik agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
- Mengawasi dan mengarahkan karyawan-karyawan di departemennya. Contohnya seperti menyiapkan laporan penilaian kinerja karyawannya.
- Bekerjasama dengan departemen lain untuk kelancaran dalam menjalankan fungsinya.
- Melaksanakan rencana yang disusun oleh Manajemen tingkat atas.
IT
Quality Control
Design
Finance
Customer Service
Legal
HRD
Content
Marketing/Internet Marketing
- Memahami dan mempelajari masalah dan keluhan-keluhan para pekerja operasional sebelum melaporkannya ke manajemen tingkat menengah.
- Menjaga kondisi kerja yang baik dan menjaga hubungan yang sehat antara atasan dan bawahan.
- Menyediakan lingkungan kerja yang sehat and aman untuk para karyawan operasional.
- Membantu manajemen tingkat menengah untuk merekrut dan menyeleksi pekerja yang sesuai untuk jabatan yang dibutuhkan.
- Berkomunikasi dengan karyawan dan mendengarkan saran-saran karyawan serta mendorong para pekerja untuk mengambil inisiatif.
- Menjaga dan mempertahankan standar kualitas dan memastikan jumlah output produk/layanan sesuai dengan perencanaan.
- Bertanggung jawab untuk meningkatkan moral karyawan dan membangkitkan semangat kerja dalam tim.
- Meminimalkan pemborosan sumber daya organisasi/perusahaan.
Internal Eksternal Lingkungan
Hampir semua kebutuhan yang dibuthkan masyarakat tersedia di Tokopedia. Ermaya selaku perencanaan media offline memaparkan bahwa Tokopedia.com
merupakan sebuah toko online yang dimiliki oleh Indonesia. Website ini menjual
berbagai macam barang elektronik, peralatan kantor dan peralatan rumah tangga,
peralatan olahraga, kosmetik, perlengkapan bayi dll. Tokopedia juga menyediakan
produk digitalnya seperti TokoCash, Tiket Kereta Api, Air PDAM, Angsuran
Kredit, Pascabayar, Gas PGN, Mitra Toppers, Pulsa, BPJS, Telkom, Donasi,
Saldo Tokopedia, Kartu Kredit, Paket Digital, Listrik PLN, TV Kabel, Voucher
Game, Streaming sampai dengan pinjaman online. Hampir semua yang dijual di
jual toko offline dapat dengan mudah dijual di situs Tokopedia. Hal ini sangat
memudahkan para pembeli yang tidak mempunyai waktu untuk berbelnja di toko
fisik karena jam kerja yang cukup menyita waktu.
Tokopedia dilengkapi dengan mesin pencari (search engine) yang akan
memudahkan pencarian barang yang diinginkan dan terdapat juga fitur-fitur
direktori yang dapat dimanfaatkan sebagai catalog belanja. Tokopedia
bekerjasama dengan agen pengiriman besar di Indonesia yang mempermudah
untuk memeriksa status pengiriman barang. Tokopedia sendiri menjelaskan
disitus mereka bahwa keuntungan bagi pembeli dengan pembayaran yang unik
adalah proses verifikasi pembayaran yang instan, yang memungkinkan penjual
lebih cepat menerima order dan barang cepat sampai ke pembeli. Sedangkan
untuk penjual, keuntungan yang ditawarkan adalah perluasan pasar pada para
pengguna unik ini yang ingin membeli diberbagai merchat Tokopedia.
Adapun fitur-fitur tambahan di Tokopedia yakni :
1. JNE Online Booking
Pengiriman JNE ini semakin memudahkan proses pengiriman, Tokopedia
mendukung sistem resi otomatis untuk pengiriman paket menggunakan
JNE. Dengan fitur ini, penjual tidak perlu repot untuk memasukkan nomor
resi secara manuall. Saat mengirimkan pesanan, penjual hanya perlu
membawa kode booking yang diterima saat pesanan masuk dan nomor resi
akan secara otomatis akan masuk ke akun penjual maupun pembeli.
2. User Management/Pengaturan Admin
Pengaturan admin merupakan fitur berbayar yang disediakana oleh
Tokopedia bagi mereka yang memiliki toko dengan penjualan yang tinggi
dan sering kewalahan dalam mengelola toko sendiri. Dengan
menggunakan fitur ini, penjual bisa menambahkan 10 orang sebagai admin
toko penjual.
3. Tokopedia TopAds
Top Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh tokopedia untuk
mempromosikan toko ataupun produk dari toko, serta memungkinkan toko
dan produk yang dijual dapat dilihat dan dibeli oleh lebih banyak pembeli
di Tokopedia.
https://studentsite.gunadarma.ac.id/
https://v-class.gunadarma.ac.id/
https://studentsite.gunadarma.ac.id/
https://v-class.gunadarma.ac.id/
Komentar
Posting Komentar