Manajemen Personalia PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk

Tentang perusahaan

PT.Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk  merupakan perusahaan multi nasional yang memproduksi minuman. Pada awalnya perusahaan yg berawal dari sebuah rumah ini hanya memproduksi susu. Namun seiring perkembangannya, dia juga memproduksi juice dalam kemasan bermerek Buavita dan Gogo serta memproduksi Teh Kotak, Sari Asem Asli dan Sari Kacang Ijo.

Kegiatan pengrekrutan, penyeleksian , pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia

Khusus bagi para karyawan PT.Ultra Jaya senantiasa mengadakan program pelatihan dan pendidikan yang dilakukan internal (in-house traning) maupun yang dilakukan di luar lingkungan perseroan. Program pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan disesuaikan dengan tingkat pedidikan dan jabatan karyawan.

         Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang tepat
PT Ultrajaya mempunyai rencana pengembangan karyawan yang lengkap mencakup pelatihan keterampilan, Penetapan sumber daya manusia yang ditetapkan oleh PT.Ultra Jaya ialah menetapkan karyawan pada bagian sales personnel, manufacturing financial and accounting, sumber daya manusia


Sistem Rekrutmen

PT.Ultra Jaya melakukan proses perekrutan berdasarkan kebutuhan seiring dengan perkembangan usaha dan pertumbuhan organisasi. Perekrutan bersifat terbuka dan menjunjung tinggi profesionalisme. Perseroan membuka kesempatan yang setara bagi semua kandidat tanpa membedakan suku, agama, ras, antar golongan (SARA) maupun gender selama memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Pengadaan pekerja dalam rangka pengisian formasi pekerja yang lowong dilakukan melalui dua cara, yaitu
•         a. Pengadaan pekerja sumber eksternal, dan
•         b. Pengadaan pekerja sumber internal.

Penerapan Kompensasi Pada Perusahaan

Dalam penerapannya manajemen kompensasi memiliki prinsip-prinsip:

•           Rasa keadilan dan pemerataan pendapatan dalam perusahaan
•           Setiap pekerjaan karyawan divisi penjualan dinilai melalui proses evaluasi pekerjaan dan kinerja
•           Mempertimbangkan kondisi kesehatan keuangan perusahaan
•           Adanya pengelompokan karyawan divisi penjualan yang berprestasi baik dan tidak dalam golongan gaji yang sama.

Kompensasi yang didapat oleh karyawan divisi penjualan  PT.Ultra Jaya meliputi kompensasi finansial langsung dan tidak langsung. Kompensasi finansial langsung yaitu gaji, bonus, insentif, sedangkan kompensasi finansial tidak langsung atau juga disebut kompensasi pelengkap yaitu tunjangan hari raya (THR), Asuransi dan fasilitas kantor.
Kompensasi finansial langsung yang diterapkan karyawan divisi penjualan PT.Ultra Jaya meliputi:
1.      Gaji          
2.      Bonus
3.      Insentif

Kompensasi finansial tidak langsung atau juga disebut kompensasi pelengkap yang diterapkan karyawan divisi penjualan PT.Ultra Jaya meliputi:
1.      Tunjangan Keagamaan (Hari Raya)
2.      Asuransi

Fungsi pengarahan dan implementasi

         Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar mencapai tujuan.
Pada bagian produksi untuk meningkatkan produksifitas kerja para karyawan, selalu menyediakan waktu untuk berdiskusi dalam memecahkan masalah, selalu memberikan bimbingan pengarahan kepada bawahan dalam melaksanakan tugas yang akan dikerjakan, selalu memberikan motivasi agar bawahan bisa bekerja dengan baik, pimpinan selalu memberikan arahan pemeliharaan dan penciptaan suasa kerja yang baik dan menyenangkan

         Memberi tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
 Dalam melaksanakan tugasnya pempinan tidak segan untuk terjun langsung membantu bawahannya. Bawahan juga diberi kebebasan dan keleluasaan dalam pengambilan keputusan mengenai pkerjaannya sehingga secara tidak langsung bawahan dapat ikut serta dalam pengambilan keputusan dalam pekerjaannya.

         Menjelaskan kebijakan yang telah di tetapkan
Kebjakan yang ditetapkan oleh PT. Ultra jaya sudah tersusun rapi dalam kebijkan yang mengatur tentang etika karyawan yang diharapkan dapat membantu karyawan agar melaksanakan tugas dan peran dengan sebaik- baiknya. Kebijakannya tentang alat pelindung diri keselamatan pekerja
Fungsi pengawasan dan pengendalian
         Mengevaluasi kebersihasilan dalam pencapaian tujuan dan target  bisnis dengan indikator yang telah ditetapkan.
PT. Ultra jaya selalu melakukan diskusi terhadap atasan dan bawahan membicarakan melakukan solusi menyedikan waktu bagi bahawahnya untuk memberikan pendapat dan berdiskusi dalam memecahkan masalah dalam pekerjaan, dan memberikan kesempatan untuk bertanya kepada bawahannya apabila terdapat masalah dalam pekerjaan selalu memberikan wewenang kepada bawahannya untuk mengambil keputusan dalam bekerja,

         Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin terjadi.
Apabila bawahan melakukan kesalahan maka pemimpin selalu berusaha untuk memberikan pengarahan dan mengkoreksi kesalahan yang dilakukan oleh bawahan sehingga bawahan dapat mengerjakan tugas dengan baik.pimpinan selalu membantu langsung kesulitan karyawan dalam penyelesaian pekerjaannya dengan dapat bekerja sama.

         Melakukan solusi alternatif atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis

Pemasalahan bagi PT. Ultra jaya adalah minimnya pengetahuan masyarakat mengenai manfaat dan keunggulan produk susu cair, untuk itu PT.Ultra jaya ingin merubah pemikiran masyarakat susu cair in menggunakan teknologi UHT dan kemasan aseptik tidak mengandung bahan pengawet karna teknologi UHT dapat membunuh semua mikroorganisme yang terdapat di dalam susu, dan kemaan antiseptic dapat melindungi susu dari lingkungan luar baik mikroorganisme maupun cahaya sehingga dapat bertahan lama.

https://studentsite.gunadarma.ac.id/
https://v-class.gunadarma.ac.id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ghost Recon: Breakpoint

Shadow of The Colossus